Thursday, March 16, 2017

Cara Membuat Omelet Mie Sederhana, Mudah, dan Enak!

     Mungkin anda pernah mendengar istilah omelette atau omelet, tapi masih bingung apa itu omelet? Omelet itu sebenarnya adalah telur dadar. Cuma bedanya omelet dan telur dadar adalah kalau omelet telurnya dicampur dengan bahan-bahan makanan lainnya misalnya dicampur sosis, keju, paprika, kornet, daging ayam, bakso, atau lainnya sesuai selera masing-masing orang. Kalau telur dadar berarti telurnya digoreng polos saja tanpa bahan makanan tambahan seperti yang terdapat pada omelet. Kalau telur dadar paling cuma pakai bumbu garam dan lada bubuk saja. Kalau omelet lebih komplit isinya.
    
     Kita juga bisa membuat omelet sederhana dengan menggunakan mie instan yang dijual di minimarket atau warung terdekat, dan rasa omelet mie ini juga enak lhoo... Di kesempatan ini saya akan terangkan tentang cara membuat omelet mie instan sederhana, mudah, dan pastinya enak rasanya! Saya menggunakan mie telur tapi bisa juga pakai mie instan yang sudah ada bumbu mie di dalam kemasannya, misalnya mie instan merk Indomie, Supermie, atau lainnya. Soal merknya apa sih tidak penting, karena yang paling penting adalah.... bisa mengolahnya menjadi omelet atau tidak?! Yang akan dimasak dan dimakan adalah mienya, bukan merk mienya. Jadi kalau misalnya anda baru pertama kali ingin mencoba membuat omelet mie, anda tidak perlu pusing memikirkan harus membeli mie instan merk apa. Tapi saran saya, kalau anda baru pertama kali mau belajar membuat omelet mie, sebaiknya pakai mie instan yang sudah ada bumbu mie di dalam kemasannya. Ini lebih praktis, apalagi untuk orang-orang yang tidak mahir memasak tentu akan bingung kalau harus meracik sendiri bumbunya. Maka mie instan yang lengkap dengan bumbunya adalah pilihan yang terbaik. Kecuali kalau anda sudah biasa memasak, maka soal meracik bumbu bukan masalah lagi, sehingga untuk membuat omelet mie bisa menggunakan mie telur yang didalam kemasannya tidak ada bumbu mienya, berarti harus meracik sendiri bumbunya. Sebenarnya meracik bumbu untuk membuat omelet mie tidaklah sulit, pakai bawang merah dan bawang putih yang dicincang halus juga bisa, ditambah garam dan lada secukupnya. Kalau suka pedas bisa ditambah dengan irisan cabe rawit merah. Oh ya, kalau anda menggunakan mie instan merk Indomie, Supermie atau semacam itu yang didalam kemasannya terdapat bumbu mienya maka yang dipakai untuk membuat omelet mie adalah bumbu yang berbentuk serbuk saja, sedangkan minyak mienya jangan dicampur ke dalam adonan omelet karena akan menyebabkan rasa omelet menjadi tidak enak. Tapi soal rasa sih akhirnya kembali ke selera lidah masing-masing orang yahh...
 






Panaskan air hingga mendidih. Banyaknya air dikira-kira saja yang penting mienya bisa terendam semuanya dalam air. Setelah airnya mendidih, masukkan mie instan ke dalam air dan masak sekitar tiga menit, lalu mie diaduk-aduk supaya terurai dan matangnya rata.




Kemudian mie ditiriskan (dibuang air rebusan mienya). Lalu pecahkan sebutir telur ke dalam panci berisi mie (kalau mienya banyak pakai telur satu butir bisa kurang, mungkin harus dua butir atau lebih). Kemudian tuang bumbu mie instan (kalau ada) ke dalam panci. Tapi karena saya memakai jenis mie telur yang tidak ada bumbu mienya, jadi saya bikin bumbu sendiri deh! Bumbunya cuma garam dan lada bubuk secukupnya, ditambah satu siung bawang putih yang dicincang halus dan satu butir bawang merah yang diiris tipis-tipis. Kemudian saya tambahkan sedikit keju Quick Melt ke dalam mie. 




Aduk-aduk semuanya sampai tercampur rata. Kejunya ditekan-tekan pakai sendok supaya bisa hancur dan tercampur rata dengan mie dan telurnya.




Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tuang mie seluruhnya ke dalam wajan. Ratakan mie supaya berbentuk bundar pipih. Masak hingga salah satu sisinya matang. Kalau sudah matang lalu omelet mienya dibalik dan matangkan sisi satunya lagi. Tandanya omelet mie sudah matang kalau warna permukaannya sudah kecokelatan seperti di foto dibawah ini.




Sewaktu membuat omelet mie sebaiknya minyak gorengnya jangan terlalu sedikit karena bagian tengah omelet agak tebal jadi sebaiknya minyak gorengnya agak banyakan sedikit (tapi jangan sampai kebanyakan banget yah!), maksudnya supaya minyak gorengnya bisa meresap ke dalam omelet sehingga bagian dalam omeletnya bisa cepat matang juga. 

Kalau omelet sudah matang, angkat omelet dari dalam wajan. Taruh di piring dan potong omelet sesuai selera.




Omelet mie rasa keju siap disantap. Rasanya... wowwww!!! Menggugah selera! Benar-benar enak omelet mie rasa keju ini. Lebih enak kalau dimakan dengan sambal botol atau pakai cabe rawit juga enak kok!