Saturday, March 25, 2017

Cara Memanfaatkan CD/DVD Bekas (Cara Membuat Hiasan Pintu/Dinding Dari CD/DVD Bekas)













    Mungkin di rumah anda ada banyak CD dan DVD bekas yang sudah tidak terpakai lagi namun anda bingung mau dikemanakan CD dan DVD bekas tersebut? Dibuang sayang kali yah karena CD dan DVD itu juga dibelinya pakai uang. Tapi kalau CD dan DVD bekas itu dijual juga mungkin tidak laku karena sudah rusak misalnya, kalaupun ada yang bersedia membelinya paling dengan harga yang sangat murah sekali dan tentunya tak sebanding dengan harga pada saat anda membelinya dulu. Tapi kalau CD dan DVD bekas hanya
disimpan saja di rumah akhirnya cuma jadi tumpukan barang bekas yang nambah sempit ruang lemari anda. Jadi harus diapakan CD dan DVD bekas itu? Jangan bingung lagi deh... gampang banget koq mengatasi masalah sepele itu! Dengan sedikit kreatifitas maka CD dan DVD bekas pun bisa berubah menjadi benda yang menarik dan bermanfaat!
     Ada banyak kreasi barang yang bisa dibuat dengan menggunakan CD atau DVD bekas, misalnya dibuat menjadi tatakan gelas, tas dari CD atau DVD bekas, wind chime, pigura foto, atau dibikin menjadi hiasan semacam dream catcher  gitu juga bisa sih... Tapi disini saya tunjukkan karya saya berupa hiasan dinding/pintu atau bisa juga disebut gantungan dinding/pintu karena cara menaruh hiasannya dengan menggantungkannya di dinding/pintu. Bikinnya tidak sulit, cuma butuh sekeping CD/DVD bekas, kain flanel warna-warni, gunting, dan lem UHU. Cara membuatnya, CD/DVD dibersihkan dulu sampai berkilau. Lalu buatlah huruf-huruf dari kain flanel warna-warni, terserah mau bikin tulisan apa pokoknya yang penting tulisannya harus muat jika ditempel di permukaan CD/DVD. Lalu bagian tengah CD/DVD kan berlubang tuh, supaya lubangnya tidak terlihat dari depan berarti lubangnya harus ditutup, kalau saya sih untuk menutupi lubang di tengah CD/DVD itu dengan menggunakan sebuah hiasan berbentuk kepala beruang yang terbuat dari kain flanel. Kepala beruang dari kain flanel itu saya buat sendiri, setelah jadi lalu tinggal ditempelkan saja ke tengah CD/DVD. Kemudian huruf-hurufnya juga ditempel ke permukaan CD/DVD, kemudian saya tempelkan juga beberapa remboci berbentuk bintang kecil-kecil supaya lebih bagus hasilnya. Jadi sebenarnya sih untuk membuat hiasan dinding/pintu dari CD/DVD bekas tidak ada ketentuannya harus bagaimana cara menghiasnya. Jadi suka-suka yang bikinnya saja mau menghiasnya dengan cara bagaimana. Ini contoh karya saya yang saya gunakan untuk hiasan pintu.