Sunday, April 1, 2018

Cara Membuat Dompet Mini (Dompet Koin)

Berhubung masih ada sedikit sisa kain perca, lalu setelah dipikir-pikir akhirnya saya putuskan untuk membuat sebuah dompet koin saja, karena kain percanya juga cuma sedikit sehingga
tidak bisa untuk membuat dompet yang besar, jadi bikin dompet kecil saja, gunanya bisa untuk tempat koin, bisa juga untuk gantungan kunci tetapi kalau untuk gantungan kunci berarti dompetnya harus dipasangi gantungan kunci dulu. 

Sebelumnya saya melihat-lihat dulu di internet tentang model-model dompet koin, dan ternyata ada berbagai macam model dan teknik pembuatannya, dan semuanya itu bagus-bagus banget hasilnya. Beberapa website yang menampilkan karya-karya yang bagus itu antara lain adalah:









Setelah saya melihat-lihat berbagai macam model dompet koin yang ada di website-website tersebut, lalu seperti biasa saya lebih suka membuat karya dengan ide saya sendiri. Karena kain percanya cuma sedikit, jadi saya harus putar otak mencari akal supaya kain perca yang secuil-secuil itu bisa menjadi kain yang cukup lebar untuk membuat sebuah dompet koin. Caranya yaitu dengan menggunting-gunting kain perca menjadi ukuran yang sama lalu semuanya disambung-sambung dengan cara dijahit dengan menggunakan mesin jahit supaya hasil jahitannya lebih rapi. Setelah kain percanya disambung-sambung kemudian kain dijahit menjadi dompet dengan dilapisi busa spons dan kain furing. Gunanya busa spons supaya bentuk dompetnya terlihat bagus,  sedangkan gunanya furing supaya ketika tutup dompetnya dibuka tidak akan terlihat busa sponsnya karena tertutup oleh kain furing. Bagian pinggir dompet dipasangi bisban yang dibuat dari kain perca juga. Lalu dompet dibuatkan lubang kancing, dan terakhir dipasangkan sebuah kancing kecil pada bagian tutup dompetnya. Akhirnya selesai juga bikin dompet koin ini. Puas dengan hasilnya karena ini adalah hasil karya sendiri. Bagaimana dengan anda, apakah anda memiliki kain-kain sisa di rumah? Jangan buru-buru dibuang karena kain-kain sisa masih bisa dibikin menjadi suatu karya yang baik dan bermanfaat, yang penting kain-kain sisa atau kain perca itu masih dalam kondisi bagus warnanya, serat kainnya masih utuh, dan masih bersih, berarti masih bisa digunakan.