Saturday, April 14, 2018

Tempat Hakpen / Hakken

     Kali ini saya mau bikin tempat hakpen dengan menggunakan kain perca. Daripada kain perca dibuang sia-sia, lebih baik digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang bermanfaat. Kebetulan hakpen saya cuma ada dua buah, jadi tempat hakpennya bikin yang kecil saja. Saya bikin tempat hakpen dengan model yang sederhana saja, tetapi walaupun terlihat sederhana ternyata rada susah juga bikinnya karena pakai furing di bagian dalamnya. Tempat hakpen ini saya jahit pakai tangan karena lagi malas menyiapkan mesin jahitnya. Lagipula lebih santai menjahit dengan tangan karena bisa sambil duduk di lantai. Setelah tempat hakpennya jadi lalu dicuci dan dijemur dulu sebelum digunakan. Setelah punya tempat hakpen, sekarang jadi lebih mudah kalau mau menggunakan hakpen tidak perlu repot dicari  kemana-mana. Kalau dulu sebelum punya tempat hakpen, sering lupa menaruh hakpen dimana, jadi repot harus mencarinya dulu di berbagai tempat. Jadi itulah gunanya tempat hakpen, supaya hakpen bisa disimpan dengan rapi pada tempatnya.

     Kalau anda mau bikin tempat hakpen juga, bisa dilihat-lihat dulu berbagai model tempat hakpen yang ada di berbagai website di internet. Banyak model tempat hakpen yang bagus-bagus. Ada tempat hakpen yang dibuat dari rajutan, dan ada juga tempat hakpen yang dibuat dari bahan kain. Kalau tempat hakpen berikut ini dibuat dari benang yang dirajut menjadi tempat hakpen:








Sedangkan kalau tempat hakpen yang berikut ini dibuat dari bahan kain:









     Bagus-bagus semuanya... cara membuatnya ada yang mudah dan ada juga yang sulit. Sebaiknya kalau anda ingin membuat tempat hakpen carilah metode atau cara membuat yang sesuai dengan kemampuan anda dan sesuaikan juga dengan ketersediaan bahan yang anda miliki.

Inilah tempat hakpen bikinan saya, lumayan bermanfaat daripada kain perca terbuang sia-sia, lebih baik dibikin jadi tempat hakpen :