Monday, April 30, 2018

Belajar Membuat Baju Rajutan Dari Benang Katun

Setelah berhasil membuat baju berbahan kain katun yang artikelnya sudah diposting di sini, lalu saya lanjutkan dengan belajar membuat baju dengan menggunakan benang katun yang kemudian dirajut hingga menjadi sehelai baju. Jenis benang katun yang saya gunakan adalah benang soft cotton. Benangnya lembut, lebih mengkilat jika dibandingkan dengan benang katun Bali, dan benangnya tidak pecah, sehingga kalau dirajut hasilnya akan bagus. Saya menggunakan dua gulung benang soft cotton ukuran medium untuk membuat baju rajutan ini. Karena baru pertama kalinya membuat baju rajutan sehingga awalnya cukup kesulitan juga dalam menentukan model dan ukurannya. Saya membuat baju rajutan ini tanpa menggunakan pola baju yang banyak bertebaran di internet karena saya lebih suka bebas berkreasi sendiri. Saya hanya menggunakan sebuah pola bunga rajutan yang ada di sini. Dari pola bunga rajutan itu lalu saya kreasikan sendiri hingga menjadi sebuah baju rajutan dengan model yang sederhana saja. Saya menggunakan motif rajutan yang mudah yaitu motif jaring-jaring karena hanya menggunakan chain stitch , dan juga lebih bisa menghemat benang jika menggunakan motif ini. Bagian yang sulit ketika membuat baju rajutan ini adalah saat membuat lingkar lengan dan lingkar leher. Kalau salah bikinnya bisa tidak muat saat dipakai. Lingkar lengan kiri dan kanan harus sama ukurannya dan lingkar leher harus tepat berada di bagian tengah sehingga lebar pundak kiri dan kanan menjadi sama lebarnya. Kalau belum sama lebarnya berarti rajutan harus dibongkar dan dirajut ulang, dan ini saya lakukan berkali-kali tanpa menghitung berapa kali membongkar rajutan dan merajut ulang sampai akhirnya bisa didapat hasil yang sesuai dengan yang saya inginkan. Setelah dikerjakan selama sekitar tiga minggu akhirnya jadi juga baju rajutan ini. Hasilnya lumayan walaupun belum terlalu memuaskan tetapi sudah cukup bagus daripada tidak bisa bikin sama sekali.






👸