Tuesday, May 31, 2016

Cara Memasak Mie Instant (Cepat, Praktis, Murah, Lezat)

     Mie instan bukan makanan yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena mie instan adalah salah satu produk makanan yang sudah merakyat dan mudah untuk mendapatkannya karena bisa dibeli di berbagai tempat penjualan, dari hipermarket, supermarket, minimarket, pasar tradisional, hingga ke warung-warung kecil di sekitar rumah. Bahkan di jaman teknologi internet ini mie instan juga bisa dibeli secara online. Tetapi tentu saja mie instan yang dijual di toko-toko online adalah mie instan yang belum dimasak. Anda harus memasaknya sendiri di rumah. Kalau anda ingin praktis anda bisa membeli mie instan yang sudah matang yang dijual di warung-warung makan yang mengkhususkan diri menjual menu mie instan, biasanya disebut warung Indomie  karena mie instan yang dijualnya bermerek Indomie. Kalau membeli mie instan di warung Indomie  biasanya ada pilihan menunya, mau ditambahkan telur ayam atau kornet sapi atau varian lainnya. Tentu saja harganya jadi melonjak naik, seporsi mie instan dijual dengan harga Rp.5.000,- hingga Rp.6.000,-  Itu pun porsinya nggak pakai apa-apa  hanya mie instan saja ditambah sedikit sayur caisim. Kalau pakai telur, kornet, atau lainnya tentu akan lebih mahal lagi harga per porsinya. 
     Kalau mau murah dan hemat memang harus dimasak sendiri mie instannya di rumah. Sebenarnya bumbu mie instan yang diseduh dengan air panas sisa rebusan mie instan sudah enak kok rasanya. Hanya tinggal ditambahkan bahan-bahan lain supaya rasanya tidak begitu-begitu saja tetapi ada variasi lain. Kalau saya biasanya menambahkan irisan cabe rawit merah (boleh juga pakai cabe rawit hijau) ke dalam rebusan mie instan. Rasa pedas dari cabe rawit merah akan menambah sedap rasa mie instannya. Selain dengan menambahkan cabe rawit merah, bisa juga dengan menaburkan bawang merah goreng ke atas mie instan. Hanya dengan bahan-bahan yang sederhana yaitu cabe rawit dan bawang goreng maka rasa mie instan pun menjadi lebih nikmat karena rasa kuahnya menjadi lebih pedas dan rasa bawang gorengnya pun lebih berasa. Kalau ada kerupuk dan emping bisa juga dimakan bersama dengan mie instan. 
Di sini saya akan menunjukkan cara memasak mie instan dengan bahan-bahan yang sederhana yaitu :
- beberapa helai daun caisim, cuci lalu potong-potong
- 1 buah cabe rawit merah, cuci lalu diiris
- 1 buah otak-otak, digoreng dulu lalu dipotong-potong
- kerupuk putih
- dan tentu saja mie instannya 1 bungkus
Untuk cara memasaknya, saya sudah siapkan foto-fotonya nih! Silahkan disimak caranya memasaknya! 




Pertama didihkan dulu airnya. Lalu masukkan mie instan ke dalam air yang sudah mendidih tadi. Masak mie instannya sekitar 3 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan mie instan yang anda gunakan. 




Setelah mie instan matang lalu masukkan caisim dan irisan cabe rawit merah ke dalam panci. Lalu aduk-aduk sebentar supaya mie instan terurai dan bercampur dengan caisim dan irisan cabe rawit merah tadi. Setelah tercampur segera matikan kompornya. 




Tuang mie instan ke dalam mangkuk berisi bumbu mie instan, minyak mie instan, dan otak-otak goreng yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk supaya bumbu dan minyaknya tercampur rata.



Tambahkan kerupuk putih dan mie instan pun siap disantap. Rasanya... Wow! Sedaaappp.... pedasnya berasa banget! Semakin nikmat rasanya karena dicampur otak-otak dan sayur caisim. Ditambah kerupuk jadi ada rasa krenyes-krenyesnya sedikit 😃😃😃