Saturday, April 14, 2018

Strawberry Dari Kain Perca







     Karena masih ada sisa kain perca, walaupun cuma sedikit tetapi masih bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi kerajinan tangan berbahan kain perca. Kali ini saya membuat strawberry dari kain perca, cara membuatnya sama saja seperti bila membuat strawberry dari kain flanel. Jadi cuma kain flanelnya saja yang diganti dengan kain perca tetapi pola dan cara membuatnya sama saja. Jadi kalau anda sudah bisa membuat strawberry dari kain flanel, pasti akan bisa juga membuat strawberry dari kain perca karena pola dan cara membuatnya memang sama saja. Tetapi bila anda sama sekali belum pernah membuat strawberry dari kain flanel ataupun kain perca, anda bisa mempelajari cara-cara membuatnya dari website-website berikut ini:

How To Make Sew Fabric Strawberry Step by Step DIY Tutorial Instructions
Di website itu terdapat tutorial tentang cara membuat strawberry dari kain perca tetapi sepertinya ukuran strawberrynya agak besar dan cara membuatnya mungkin agak sulit bagi yang tidak biasa menggambar pola. Tapi hasil akhirnya bagus juga, cuma kalau menurut saya kurang praktis cara membuatnya.

Scrumptious Strawberry Tutorial
Kalau tutorial di website kedua ini cara membuat strawberrynya lebih mudah daripada tutorial yang pertama tadi. Motif dan warna kainnya juga cocok untuk membuat kerajinan tangan strawberry.

Tutorial Strawberry Pincushion
Kalau tutorial yang ketiga ini tentang cara membuat strawberry dari kain perca untuk digunakan sebagai pin cushion (tempat jarum/bantalan jarum). Kreatif sekali!

     Kain perca yang saya gunakan untuk membuat strawberry ini adalah kain perca katun Jepang. Karena kain katunnya lemas jadi saya lapisi dulu dengan viselin (kain yang biasa digunakan untuk melapisi kerah baju supaya kaku). Setelah dilapisi viselin kainnya jadi agak kaku sehingga dijahitnya jadi lebih mudah. Untuk membuat strawberry ini cukup dijahit dengan menggunakan tangan tanpa perlu menggunakan mesin jahit. Bagian dalam strawberry diisi dengan dakron (kapas yang biasa digunakan untuk isian boneka) dicampur dengan sisa-sisa guntingan kain perca. Lalu untuk daunnya saya menggunakan kain flanel warna hijau. Sebelum daun ditempel ke atas strawberry, pasang dulu talinya ke bagian tengah daun, barulah setelah itu daun ditempelkan ke strawberry dengan menggunakan lem tembak atau bisa juga menggunakan lem UHU. Strawberry ini juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci yaitu dengan mengganti talinya dengan gantungan kunci.