Friday, February 9, 2018

Cara Membuat Tempat Gunting

     Setelah saya selesai bikin baju, lalu masih ada potongan-potongan kain sisa dari bikin baju itu. Kain-kain sisa ini ukurannya kecil-kecil tapi kalau dibuang sayang karena masih bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan yang menggunakan kain perca. Setelah dipikir-pikir lalu saya memutuskan untuk menggunakan kain sisa itu untuk membuat tempat gunting saja. Biar rapi dan awet guntingnya jadi harus dibuatkan tempat khusus untuk menyimpan gunting. Lalu saya mencari contoh-contoh tempat gunting yang bagus biar bisa jadi sumber inspirasi, dan saya menemukan banyak sekali model-model tempat gunting yang bagus-bagus... diantaranya adalah:

Scissor Case Tutorial, modelnya sederhana tapi bikinnya njlimet nih, penutup tempat gunting ini tidak pakai kancing tapi pakai pita elastis.

Scissor Case Quilt Pattern, kalau yang ini desainnya bagus banget! Tempat guntingnya dihias dengan bunga-bungaan yang dibuat dari sulaman. Kesannya antik / klasik.

Scissor Cozy Tutorial, tempat gunting ini modelnya sederhana, penutupnya pakai retsleting, mirip dompet tapi salah satu sisinya berbentuk diagonal.

Sew Scissors Pouch Pattern, tempat gunting ini juga memiliki desain yang sederhana dan ada penutupnya. Bisa muat gunting dan alat-alat tulis, misalnya pulpen, pensil, dll.

Scissor Case, tempat gunting ini modelnya memang sederhana tapi cara bikinnya kayaknya rumit nih... tapi hasilnya bagus, keren deh pokoknya!

Folded Fabric Scissor Holder Rounded, lagi-lagi tempat gunting dengan desain yang sederhana. Kainnya dilipat-lipat lalu dijahit dan hasilnya tempat gunting yang mirip dengan cone es krim.

Quilted Scissors Holder Tutorial, tempat gunting ini desainnya mirip dengan desain di atas, cara bikinnya juga dengan melipat-lipat kainnya lalu dijahit hingga membentuk kantung-kantung yang bisa diisi gunting, dan alat-alat tulis.

Triangle Scissor Case Tutorial, kalau yang ini desainnya bagus banget, tempat guntingnya dihias dengan sulaman, kesannya klasik, dan pengerjaannya rapi sekali. Benar-benar bagus hasilnya.

Heart Shaped Scissor Keeper Tutorial, tempat gunting ini berbentuk hati dan memiliki ukuran yang besar sehingga bisa digantung di dinding. Karena ukurannya besar jadi bisa muat beberapa buah gunting dan peralatan menjahit lainnya. 

Scissor Case, tempat gunting ini berbentuk persegi panjang, bagian luarnya diikat dengan tali-temali. Bagian dalamnya ada kantung-kantung untuk tempat gunting. Bagus dan kelihatan klasik... tapi kalau menurut saya tidak praktis karena harus mengikat tali-temalinya. Mungkin harus diganti dengan kancing supaya lebih praktis.

Travel Sewing Kit Tutorial, tempat gunting ini berbentuk persegi panjang seperti dompet. Bikinnya rumit tapi hasilnya bagus. Selain sebagai tempat gunting, juga bisa memuat peralatan menjahit lainnya, jadi praktis kalau untuk dibawa bepergian.

Scissor Case Tutorial, tempat gunting ini terbuat dari kain flanel. Modelnya sederhana dan mudah cara membuatnya. Tidak perlu mesin jahit, karena bisa dijahit pakai tangan saja yang penting jahitannya rapi pasti bagus jadinya.

Fabric Scissor Holder, yang ini juga modelnya sederhana dan mudah bikinnya, tapi motif kainnya harus bagus supaya hasilnya terlihat bagus juga.

Goody Goody Binding Kit, tempat gunting ini berbentuk persegi panjang yang dilipat sehingga terlihat seperti dompet. Selain untuk tempat gunting, juga bisa untuk menyimpan peralatan menjahit lainnya, bahkan bisa untuk menyimpan makanan ringan juga, misalnya cokelat. Bikinnya agak rumit kalau menurut saya tapi hasilnya memang bagus sih...

Tutorial Tuesday, tempat gunting ini terbuat dari kain flanel dan tidak perlu mesin jahit karena cukup dijahit pakai tangan saja dengan jahitan jelujur. Lalu bagian depannya diberi hiasan bunga dan daun yang juga dibuat dari kain flanel. Bagus juga jadinya.


     Semua tempat gunting itu bagus-bagus sih... bahkan ada yang bagus banget yaitu tempat gunting yang diberi hiasan sulaman bunga-bunga dan satu lagi tempat gunting yang serbaguna sehingga selain sebagai tempat gunting juga bisa untuk menyimpan makanan ringan juga. Kalau saya perhatikan sepertinya kalau orang-orang luar negeri (khususnya dari negara-negara barat dan Jepang) memiliki daya kreatifitas yang tinggi, itu terlihat dari karya-karya mereka yang biasanya memiliki desain yang bagus dan tingkat kerumitan yang tinggi dalam proses pembuatannya. Ada yang memerlukan ketrampilan menyulam dengan benang, ada juga yang memerlukan ketrampilan dalam membuat quilt dan jahit-menjahit. 

     Nah! Karena sisa-sisa kain yang saya miliki ukurannya hanya berupa potongan-potongan kecil saja, ditambah lagi kesukaan saya untuk berkreasi dengan ide-ide saya sendiri akhirnya saya bikin tempat gunting dengan desain suka-suka saya saja... jadi tidak meniru desain-desain yang ada di website-website di atas. Saya bikin tempat gunting dengan model sederhana saja. Jadi, polanya digambar dulu di atas kain yang akan digunakan untuk membuat tempat gunting, lalu kain digunting sesuai bentuk polanya. Lebihkan kainnya sekitar 0.5 cm di pinggirannya untuk dipasangi bisban. Lalu kain yang sudah digunting menurut polanya tadi harus dilapisi dulu dengan viselin (kain keras) supaya kainnya jadi agak kaku. Setelah itu bagian depan dan belakang disatukan dengan cara dijahit sambil sekalian pasang bisbannya. Kalau saya bisbannya bikin sendiri saja dari sisa kain seadanya. Kalau mau praktis bisa beli bisban siap pakai tapi saya pikir buat apa beli bisban... lebih baik manfaatkan saja apa yang ada, kalau ada kain sisa yah dibikin bisban saja. Untuk menjahit tempat gunting ini saya jahit sendiri pakai tangan, walaupun ada mesin jahit tapi kalau mengerjakan barang berukuran kecil begini rasanya malas kalau harus pakai mesin jahit, karena kalau pakai mesin jahit berarti harus pasang benang atas dan benang bawah pada mesin jahit, belum lagi kalau setelan jarum jahitnya kurang pas berarti harus disetel dulu sampai benar-benar pas. Daripada ribet, saya pilih yang praktis saja... dijahit secara manual! Dan akhirnya jadi juga tempat gunting saya... lalu supaya terlihat menarik cukup diberi hiasan pita di bagian pinggir tempat gunting. Nah! Tempat gunting sudah jadi, lalu dicuci dulu sebelum dipakai. Kalau gunting disimpan dengan rapi jadi awet guntingnya... gunting akan tetap terlihat bagus walaupun usia gunting sudah bertahun-tahun lamanya.