Wednesday, September 9, 2015

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh


Sumber : http://freeimages.com

Kacang tanah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di negara kita karena jenis kacang yang satu ini memang mudah sekali ditemukan dan harganya pun terjangkau oleh masyarakat. Biasanya kacang tanah dikonsumsi dengan cara digoreng menjadi kacang goreng, atau bisa juga disangrai (menggoreng tanpa minyak) sehingga menjadi kacang sangrai.
Ada juga yang mengolah kacang tanah dengan cara direbus menjadi kacang rebus. Semua itu tergantung dari selera masing-masing orang. Kacang tanah juga bisa dicampur ke dalam masakan, misalnya dicampur dengan sayur asam atau dicampur dengan oseng tempe dan ikan teri goreng. Bisa juga kacang tanah dibuat menjadi selai kacang (peanut butter) atau kacang tanah ditumbuk halus untuk menjadi bahan isian roti, bakpao, atau ditaburkan di atas kue donat. Banyak sekali yah manfaat dari kacang tanah ini. Tetapi apakah anda sudah tahu apa saja manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh kita? Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan :

1. Kacang tanah dapat membantu menurunkan kolesterol karena kacang tanah mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

 2. Kacang tanah juga baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena kacang tanah dapat menjaga serta menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Kacang tanah mengandung mineral dan antioksidan sehingga kacang tanah dapat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

4. Kandungan tryptophan dalam kacang tanah dapat mengurangi tingkat depresi sehingga bagi anda yang sedang mengalami depresi dapat mengonsumsi kacang tanah untuk menurunkan tingkat depresi.

5. Kandungan zat asam p-coumaric pada kacang tanah dapat membantu menurunkan resiko kanker perut. Bahkan kacang tanah dapat mengurangi resiko kanker usus besar pada wanita hingga 40%. Wow! Jadi kaum wanita perlu nih untuk ngemil kacang tanah :)

Ternyata luar biasa sekali ya manfaat kacang tanah, jadi jangan ragu untuk mengonsumsi kacang tanah, baik sebagai cemilan di waktu senggang ataupun mengonsumsi kacang tanah sebagai bahan tambahan pada makanan, misalnya kacang tanah sebagai bumbu gado-gado, ketoprak, dan karedok. Jangan kawatir kacang tanah akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah karena itu cuma mitos. Sebenarnya yang menimbulkan jerawat bukan kacang tanahnya tetapi makanan manis dan makanan berkarbohidrat tinggi yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.